Header Ads Widget

Pos Ads 1

IDENTIFIKASI KEBUTUHAN DAN HARAPAN MASYARAKAT

Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat merupakan proses menilai dan menentukan kebutuhan yang diinginkan oleh masyarakat dalam upaya pelayanan kesehatan di puskesmas guna meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.


Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat terhadap kegiatan UKM dapat dilakukan dengan survei mawas diri (SMD) dan Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) atau dengan pertemuan-pertemuan lain yang melibatkan masyarakat.

Identifikasi kebutuhan dan harapan masyarakat mengacu pada kebijakan dan prosedur yang berlaku, yakni artinya puskesmas harus membuat aturan/pedoman mengenai Kegiatan Identifikasi Kebutuhan dan Harapan masyarakat yang dituangkan dalam bentuk Surat keputusan (SK) dan Standar Operasional Prosedur (SOP).

Hasil Identifikasi Kebutuhan dan Harapan Masyarakat  dianalisis dan dibahas bersama dengan lintas program dan lintas sektor. Pembahasan dapat dilakukan dalam lokakarya mini bulanan atau lokakarya mini triwulanan. Hasil pembahasan ini selanjutnya dijadikan dasar dalam penyusunan Rencana Usulan Kegiatan (RUK) UKM.

Posting Komentar

0 Komentar

Pos Ads 2