Header Ads Widget

Pos Ads 1

TRANSFORMASI LAYANAN PRIMER DI POSYANDU (ILP)

Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) merupakan kegiatan pelayanan kesehatan yang yang memiliki tujuan untuk mendekatkan pelayanan kesehatan di masyarakat, khususnya dalam kegiatan posyandu. Kemenkes berkomitmen untuk melakukan transformasi sistem kesehatan Indonesia dimana salah satunya berfokus pada layanan primer. Transformasi Layanan Primer meliputi:

  1. Edukasi Penduduk. Penguatan peran kader, kampanye, dan membangun gerakan melalui platform digital dan tokoh masyarakat.
  2. Pencegahan Primer. Penambangan imunisasi rutin menjadi 14 antigen dan perluasan cakupan di seluruh Indonesia.
  3. Pencegahan Sekunder. Screening 14 penyakit penyebab kematian tertinggi di tiap sasaran usia., screening stunting, dan peningkatan ANC untuk mencegah kematian ibu dan bayi.
  4. Meningkatkan Kapasitas dan Kapabilitas Layanan Primer. Revitalisasi jejaring dan standarisasi layanan Puskesmas, Posyandu, Labkesmas dan Kunjungan Rumah.
Untuk itu, Kemenkes menentukan 3 fokus Integrasi Layanan Primer (ILP):
  1. Siklus hidup sebagai fokus integrasi pelayanna kesehatan sekaligus sebagai fokus penguatan promosi dan pencegahan.
  2. Mendekatkan layanan kesehatan melalui jejaring hingga tingkat desa dan dusun, termasuk untuk memperkuat promosi dan pencegahan serta resilensi terhadap pandemi.
  3. Memperkuat pemantauan wilayah setempat (PWS) melalui pemantauan dengan dashboard situasi kesehatan per desa, serta kunjungan rumah dengan konsep program indonesia sehat dengan pendekatan keluarga (PIS-PK).
Pelayanan Kesehatan Primer di Restrukturisasi menjadi lebih Integrasi, seperti gambar dibawah ini:



Perbedaan Posyandu Sebelum dan Era Transformasi Kesehatan, yaitu:
Posyandu sebelum Era Transformasi Kesehatan:
  • Terdapat berbagai Posyandu berbasis program dibentuk secara terpisah (Posyandu KIA, Posyandu Remaja, Posyandu Lansia dan Posbindu PTM)
  • Belum semua Posyandu membagi wilayan kerja, belum semua melakukan pemantauan wilayah setempat bersama Pustu.
  • Belum semua posyandu menjadwalkan kunjungan rumah.
Posyandu di Era Transformasi Kesehatan:
  • Implementasi lintas program melalui posyandu yang sama, seluruh posyandu mampu memberikan pelayanan kepada seluruh sasaran siklus hidup.
  • Melakukan pemantauan wilayah setempat bersama pustu, Desa membagi wilayah kerja posyandu sehingga setiap posyandu, setiap kader memiliki wilayah kerja.
  • Menjadwalkan kunjungan rumah.
Selengkapnya tentang Kebijakan Posyandu dalam Integrasi Layanan Primer (ILP) dapat dilihat pada powerpoint dibawah ini:




Sumber: Materi Orientasi Pengelolaan Posyandu Jatim dan Kunjungan Rumah bagi Petugas Kabupaten/Kota pada tanggal 24-27 Juli 2023

Posting Komentar

0 Komentar

Pos Ads 2