Header Ads Widget

Pos Ads 1

INFECTION CONTROL RISK ASSESMENT (ICRA) DALAM PPI oleh Wardanela Yunus, CVRN.SKM.MM [PPT]

Risiko merupakan suatu keadaan yang tidak pasti dan terdapat unsur bahaya akibat suatu konsekuensi yang bisa terjadi akibat proses yang sedang berlangsung maupun kejadian yang akan datang. Risiko juga dapat diartikan sebagai interaksi yang disengaja dengan ketidakpastian. Jadi setiap usaha manusia membawa beberapa risiko dan atau lebih berisiko dari pada orang lain. Sehingga dibutuhkan yang namanay risk management atau manajemen risiko.

Manajemen risiko adalah proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang membantu mencegah konsekuensi yang merugikan dan meminimalkan dampak negatif dari kerugian yang disengaja pada suatu organisasi. Dalam manajemen risiko dimulai terlebih dahulu dengan risk assesment atau penilaian risiko.


Risk Assesment adalah penilaian yang meneliti proses secara rinci termasuk urutan kejadian dan risiko aktual dan potensial, kegagalan atau titik kerentanan, dan bahwa melalui proses logis, memprioritaskan area untuk perbaikan didasarkan pada dampak aktual, atau potensial perawatan pengobatan atau pelayanan (TJC, 2010). Dalam kesehatan dikenal dengan nama Infection Control Risk Assesment (ICRA).

ICRA adalah sistem yang digunakan untuk menilai bahaya dari infeksi di fasilitas pelayanan kesehatan yang dapat menyebabkan kerugian bagi pasien, keluarga, petugas, pengunjung dan lingkungan (JCIA, 2010).

Selengkapnya materi tentang ICRA dijelaskan lebih lanjut oleh bapak Wardanela Yunus, CVRN.SKM.MM. dibawah ini:

ICRA dalam PPI oleh Wardanela Yunus, CVRN.SKM.MM by Romdhan Feriyadi on Scribd


Posting Komentar

0 Komentar

Pos Ads 2